Desain Grafis - Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Skill

Desain  grafis banyak dicari oleh perusahaan akhir-akhir ini. Padahal, profesi ini sudah dikenal sejak lama. Lalu, apa itu desain grafis? Untuk Anda yang tertarik dengan profesi ini, simak penjelasan hal apa saja yang dilakukan oleh profesi ini.

Perkembangan profesi tersebut sudah semakin banyak seiring dengan perkembangan zaman yang lebih mengarah pada dunia digital. Pekerjaan ini sama seperti melakukan desain biasa tapi diterapkan dengan bantuan aplikasi komputer. Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah bentuk komunikasi dengan cara visual. Desain ini menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan sesuai yang diinginkan. Informasi yang disampaikan dari graphic designer haruslah seefektif mungkin. 

Berdasarkan katanya, desain adalah cara untuk perancangan dan menghasilkan estetika. Perancangan yang dilakukan ini berdasarkan kreativitas yang dimiliki oleh pembuatnya. Sedangkan yang dimaksud dengan grafis adalah ilmu perancangan dari titik atau garis. 

Dari titik dan  garis ini akan menghasilkan sebuah gambar yang memuat informasi tertentu berkaitan dengan percetakan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa desain grafis adalah ilmu yang bertumpu pada kreativitas untuk menciptakan suatu rancangan dalam bentuk gambar. 

Hasil akhirnya yaitu untuk dilakukan percetakan dan digunakan sebagaimana mestinya. Pekerjaan ini termasuk dalam seni lukis yang punya banyak tujuan. Contoh desain grafis yaitu menciptakan elemen rupa sehingga menghasilkan foto, ilustrasi, tulisan di atas media.

Tujuan desain grafis lainnya untuk komunikasi dan menyampaikan pesan. Sedangkan orang yang melakukan pekerjaan desain grafis adalah graphic designer. 

Apa Itu Graphic Designer?

Graphic designer adalah orang yang punya keahlian untuk menginterpretasikan pesan ke dalam bentuk gambar atau disebut juga komunikator visual. Adapun tugasnya yaitu menciptakan konsep secara visual baik itu melalui manual atau aplikasi komputer. 

Selanjutnya akan disampaikan ide untuk membuat inspirasi sehingga menghasilkan visual yang bagus dan dapat ditangkap informasinya dengan baik oleh orang yang melihatnya. Elemen yang dimasukkan terdiri dari gambar, grafik, sampai dengan tulisan. 

Jenis-Jenis Desain Grafis

Desain grafis terdiri dari beberapa jenis profesi diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Drafter 

Drafter disebut juga sebagai perancang dengan tugasnya yaitu membuat rancangan bangunan tertentu. Biasanya, drafter diperlukan untuk industri atau arsitektur. Untuk menjadi seorang drafter tentu tidak mudah karena harus punya skill yang mumpuni. 

Salah satunya adalah punya ketelitian yang tinggi dan berorientasi pada detail. Oleh sebab itu, drafter harus melakukan pekerjaannya secara hati-hati dengan memikirkan rancangan terbaik yang dapat direalisasikan. 

Pekerjaan ini biasanya menggunakan bantuan aplikasi di komputer untuk desain grafis. Contohnya seperti  Autocad, Archicad, dan 3D Revit Architecture. 

2. Editor 

Jenis desain grafis berikutnya adalah editor. Editor ini berbeda dengan editor penulisan yang menyunting naskah tulisan. Editor desain grafis biasanya bekerja untuk membuat sampul, stiker, logo, kartu nama, banner, dsb. 

Editor dibutuhkan dalam dunia publikasi seperti periklanan untuk mengiklankan produk menggunakan media banner, stiker, dsb. Untuk melakukannya, pekerjaan ini juga dibantu oleh beberapa aplikasi yang mendukung. 

Contohnya seperti adobe photoshop, illustrator, sampai dengan corel draw. 

3. Layouter 

Pekerjaan desain grafis berikutnya adalah layouter yang punya tugas untuk membuat tatanan letak di koran atau majalah. Hal ini dilakukan untuk membuat pembacanya nyaman untuk melihat isi dari majalah atau koran tersebut. 

Layouter dibutuhkan untuk dunia percetakan yang memerlukan peletakan yang rapi dan tatanan yang membuat orang tidak bosan untuk melihatnya. Untuk mendukung hal tersebut, maka dibutuhkan beberapa aplikasi pendukung seperti Adobe InDesign.  

4. Art Director 

Direktur seni atau Art Director punya pekerjaan dan tanggung jawab yang cukup besar. Fungsi dari pekerjaan ini adalah yaitu membuat karya seni yang menyajikan hiasan atau efek visual yang bagus. 

Dalam proses membuat art director, disediakan kreativitas yang tinggi. Aplikasi yang digunakan untuk aplikasi ini yaitu Photoshop, Art Creator, Corel Draw, dan Photo Paint. 

5. Fotografer

Fotografer termasuk ke dalam jenis desain grafis yang punya pekerjaan untuk mengedit  foto. Dalam melakukan pekerjaan fotografer, maka tugasnya yaitu melakukan pengeditan foto. 

Oleh sebab itu, perlu orang yang terampil dan punya keahlian dalam bidang fotografi jika ingin melakukannya. 

Contohnya ahli dalam menyunting foto sesuai keinginan pelanggan atau  event yang diadakan. Selain terampil menyunting, fotografer harus punya keahlian dalam hal kreativitas tinggi dan memahami aplikasi editing dengan baik. 

Fotografer banyak dibutuhkan untuk berbagai kegiatan seperti edit foto, wartawan, dan fotografi. Pekerjaan akan menjadi mudah jika dibantu dengan aplikasi seperti leworks san Photo Studio. Ada juga aplikasi gratis untuk edit foto yang dapat digunakan. 

Namun, jika pekerjaan Anda terbilang profesional, maka disarankan menggunakan aplikasi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap. 

6. Animator 

Animator termasuk dalam desain grafis yang berfungsi untuk membuat grafis yang bergerak, iklan, sampai dengan film fantasi. Pekerjaan ini juga tidak mudah karena harus punya mental dan keterampilan yang tinggi. 

Selain itu, penting juga memiliki kreativitas dan pengetahuan tinggi dalam bidang animasi. Biasanya, animator ini sering dibutuhkan dalam bidang perfilman, pertelevisian, dan iklan

Ada banyak aplikasi yang disediakan yaitu Adobe Flash, 3D Maya, Gif Animator sampai dengan After Effect. 

7. Visualisator 

Berikutnya adalah visualisator yang memberikan gambaran dari produk yang ada. Produk ini biasanya berbentuk 3 dimensi. Keahlian yang dimiliki dalam pekerjaan ini yaitu harus punya kemampuan otak kanan yang tinggi. 

Hal ini karena kreativitas dan visualisasi yang baik penting dilakukan dalam pekerjaan yang satu ini. Banyak yang mencari ahli visualisator untuk kebutuhan presentasi produk. 

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk mengerjakan tugas ini yaitu 3D Max, Digital Clay, dan Autocad. 

8. Video Editor 

Jurusan desain grafis jadi apa? Berikutnya adalah video editor yang punya fungsi untuk mengedit video  atau film. Tugasnya biasanya juga ditambah sebagai video shooter atau orang yang merekam video. 

Untuk menjadi video editor dibutuhkan imajinasi tinggi dan ketelitian untuk menghasilkan video yang bagus dan tampak nyata.

Pasalnya, tampilan video yang tidak bagus dengan sudut yang membosankan juga membuat penonton menjadi tidak tertarik. Oleh sebab itu, penting untuk membuat video yang menarik dengan editan yang profesional. 

Video editor banyak dibutuhkan dalam bidang perfilman dan musik. Bagi yang tertarik untuk membuatnya bisa menggunakan aplikasi Sony Vegas, Video Studio, dan After Effect. 

9. Integrater Designer 

Terakhir adalah intergrater designer yang tugasnya mengedit video, merekam, sampai mengedit filmnya. Untuk melakukan pekerjaan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Premiere Pro yang berbayar karena fiturnya lebih lengkap. 

Dengan menggunakan aplikasi tersebut akan membantu dalam memudahkan pengguna mengerjakan tugas lebih cepat dengan hasil yang baik. 

Keuntungan Menjadi Graphic Designer

Seorang Graphic Designer akan mendapatkan keuntungan terkait dengan pekerjaannya. Berikut ini adalah manfaat dan keuntungan yang dimiliki oleh graphic designer. 

1. Dapat Berekspresi Secara Lebih Artistik 

Keuntungan pertama menjadi desainer grafis adalah yaitu bisa berekspresi dengan menuangkan idenya lewat karya yang artistik. Anda dapat memvisualisasikan ide tersebut dalam bentuk media. 

Oleh sebab itulah hasil karya ini tentu akan membuat Anda sebagai pembuatnya merasa puas. Selain itu, seni yang dihasilkan juga akan berbeda-beda, tidak sama antara satu dengan lainnya. Para graphic designer punya caranya masing-masing untuk menghasilkan karya yang unik. 

Jadi, pembuatannya juga bersifat subjektif. Namun, pekerjaan ini membutuhkan keharusan untuk berekspresi meskipun permintaan klien sudah ditetapkan sebelumnya. Hal ini tidak membuat Anda untuk berhenti berkreativitas. 

Anda juga bisa menambahkan ide desain ke dalam karya tetapi juga mengikuti permintaan sehingga mampu melakukan adaptasi dengan baik. 

2. Kesempatan Kerja yang Luas 

Di era digital saat ini, sudah banyak orang melakukan pemasarannya di media online maupun offline. Cara untuk melakukan promosi pasti memerlukan ide campaign yang menarik secara visual. 

Oleh sebab itu, dibutuhkan graphic designer untuk membuat marketing yang bagus. Media pemasaran juga sangat banyak ada perusahaan yang ingin membuat website, logo, konten di media sosial, sampai dengan kemasan produk yang menarik. 

Jadi, pekerjaan ini dapat memperluas kesempatan kerja Anda karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa ini. 

3. Dapat Memilih Lingkungan Kerja Fleksibel 

Keuntungan berikutnya dari graphic designer adalah punya lingkungan kerja yang fleksibel. Maksudnya adalah Anda bisa bekerja paruh waktu untuk melakukannya atau yang sering dikenal dengan sebutan freelancer.  

Dengan demikian, pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan sampingan apabila ada klien yang  membutuhkan jasa Anda. Saat ini, para freelancer designer dapat mencari pekerjaan dengan memanfaatkan internet sambil membuat website portofolio. 

Hal ini membuat Anda bisa bekerja kapanpun dan dimanapun tanpa terikat oleh waktu. Bagi yang masih kuliah di bidang desain juga seringkali melakukan pekerjaan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

4. Hemat Budget dan Modal 

Keuntungan terakhir bagi Anda yang bekerja di bidang ini yaitu modal kerja yang dikeluarkan tidak besar. Jadi, ini akan menghemat pengeluaran Anda dalam melaksanakan pekerjaan. Yang dibutuhkan bagi graphic designer adalah adalah laptop dan aplikasi untuk mendesain. 

Bagi yang masih pemula dan belum profesional bisa menggunakan aplikasi gratis untuk desain yang tidak kalah bagus dengan fitur desain sudah cukup bagus. Hal ini menjadikannya lebih menguntungkan dari segi finansial yang dibutuhkan selama bekerja. 

Hal ini juga disukai oleh para freelancer. Karena hanya dengan laptop dan internet untuk self marketing mereka sudah bisa mendapatkan pekerjaan yang cepat dalam bidang ini. Perusahaan besar sampai dengan UMKM membutuhkan pekerjaan ini sehingga peluang kerja lebih besar. 

Anda bisa mendapatkan banyak klien dan pelanggan jika sudah profesional dan banyak pengalamannya. 

Tugas Graphic Desainer

Tugas para pekerja di bidang desain grafis perlu melaksanakan beberapa hal baik itu membuat konsep sampai menginterpretasikan ide dalam bentuk visual. Selain itu, ada juga tugas umum lainnya yang diterapkan bagi semua jenis pekerjaan graphic designer.

Apa tugas seorang desain grafis? Adapun tugasnya adalah sebagai berikut: 

  • Menentukan bahan yang diubah menjadi bentuk visual. 
  • Buat konsep dan sketsa gambar untuk diberikan kepada klien agar bisa dipertimbangkan. 
  • Buat ilustrasi konsep dengan draft kasar. 
  • Menyelesaikan tugas proyek desain grafis dengan baik lalu melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti bagian percetakan, agensi, dsb. 
  • Melakukan kerja sama dan partisipasi yang baik dengan tim agar proyek yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 
  • Menemui art director atau klien guna mendapatkan arahan yang jelas terkait dengan tugas yang diberikan. 
  • Melakukan brainstorming bersama dengan klien. 
  • Memberikan masukan untuk ide desain yang dibuat agar sesuai dengan target pasarnya. 
  • Buat gambar untuk memberikan informasi dan menghasilkan pesan dari produk yang dipromosikan. 
  • Buat bentuk grafis seperti logo, stiker, ilustrasi, dsb. 
  • Menjelaskan dan mempresentasikan hasil ilustrasi tersebut kepada klien atau art director. 
  • Melakukan revisi jika ada perbaikan dan permintaan tambahan dari klien. 
  • Memastikan kualitas dari ilustrasi atau gambar yang sudah dibuat sebelum dilakukan percetakan dan publikasi. 

Kemampuan atau Skill Graphic Designer

Pada saat Anda ingin melamar sebagai graphic designer, maka perlu memiliki kemampuan atau skill yang sesuai dengan bidang tersebut. Biasanya, setiap perusahaan akan mencantumkan kualifikasi tertentu bagi pelamar. 

Namun, sebenarnya ada kemampuan standar yang sama dan harus dimiliki oleh graphic designer. Berikut ini adalah kemampuan yang harus Anda punya jika ingin melamar menjadi graphic designer. 

1. Kreativitas 

Salah satu hal penting jika ingin mendapatkan pekerjaan tersebut yaitu memiliki kreativitas yang tinggi. Hal ini karena pada prakteknya perlu memiliki kreativitas dengan menyesuaikan gaya dan tema yang diinginkan klien. 

Oleh sebab itu, Anda harus rajin-rajin untuk mengumpulkan inspirasi dari berbagai sumber untuk mendapatkan visualisasi terbaik yang diinginkan klien dan dapat disukai oleh orang yang melihatnya. 

2. Komunikasi 

Skill kedua yaitu berkaitan dengan kemampuan komunikasi yang baik. Anda perlu mengetahui bagaimana cara komunikasi lisan atau tulisan karena ini menyangkut kerja sama yang Anda lakukan dengan berbagai pihak. 

Anda juga dituntut menjadi seorang pendengar yang baik agar mampu menangkap informasi yang diinginkan oleh klien. Contohnya seperti mendengar keinginan klien, sampai dengan saran dan kritik untuk menghasilkan hasil terbaik yang dapat diterima. 

3. Aplikasi Adobe 

Kemampuan graphic designer dalam bidang pemakaian aplikasi juga perlu diasah. Kalau perlu, Anda bisa mengikuti pelatihan menggunakan software design agar lebih profesional. Kebanyakan designer menggunakan aplikasi adobe sehingga Anda juga harus paham aplikasi ini. 

Biasanya, perusahaan menyediakan aplikasi ini untuk membuat ilustrasi sehingga Anda harus mampu untuk beradaptasi dan mengetahui dasarnya. 

4. Presentasi 

Setelah hasil karya sudah selesai dibuat, maka langkah berikutnya yaitu melakukan presentasi dihadapan klien. Oleh sebab itu, penting punya skill dalam presentasi agar bisa menjelaskan karya yang dibuat dengan baik sampai pesan apa yang  terkandung dalam karya tersebut. 

Jelaskan juga makna, gaya, sampai warna kenapa menggunakan desain tersebut. 

5. Manajemen Waktu 

Keahlian graphic designer yang terakhir adalah manajemen waktu yang tidak boleh dilewatkan orang yang bekerja di desain grafis. Tak jarang, seorang designer banyak menangani berbagai proyek atau lebih dari satu klien. 

Itulah yang membuatnya harus mengatur waktu dengan baik agar sesuai dengan target deadline yang ada. Pekerjaan harus dilakukan tepat waktu sehingga penting untuk menyusun jadwal. Jangan terlalu menerima banyak proyek jika Anda tidak bisa menyelesaikannya sesuai deadline. 

Jadi, penting untuk mengatur prioritas dengan baik. Jangan sampai disebut tidak profesional karena tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. 

Penutup 

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu desain grafis, jenis, sampai keterampilan yang harus dimiliki oleh desainernya. Pekerjaan ini terbilang cukup menjanjikan karena banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Diskusi